Liputan Workshop Vocaloid by VOCAPOST @ Nippon no Hibi 2013


Pada 13 April 2013, bersamaan dengan diadakannya event Nippon no Hibi 2013 di Kampus Anggrek, Universitas Binus, VOCAPOST kembali mengadakan workshop Vocaloid. Workshop ini merupakan yang kedua yang diadakan oleh VOCAPOST di acara dan tempat yang sama pula.

Ruangan 425 sudah ramai terisi oleh para peserta workshop yang sudah mendaftar ulang. Workshop dibuka dengan sesi perkenalan oleh Minchan yang ber-cosplay sebagai Hatsune Miku, selaku MC dan Moderator. Pada awalnya dijelaskan mengenai apa itu Vocaloid secara singkat.


Potret suasana ketika workshop berlangsung.



Workshop pun berlanjut ke Sesi Pengenalan dengan software Vocaloid itu sendiri dan dasar penggunaannya serta beberapa tips dan trik lainnya. Dalam sesi yang dibawakan oleh Saizen ini diberikan materi pembaharuan yang tidak diberikan dalam workshop sebelumnya, diantaranya penggunaan Vocalistener yang tergolong baru. Para peserta tampak menyimak dengan baik materi yang dijelaskan dan terkadang tertawa ketika diperdengarkan beberapa contoh penggunaan Vocaloid dan perbandingannya.

Setelah itu dilanjutkan ke Sesi Mixing dengan menggunakan DAW yang dibawakan oleh Nuunu. DAW yang dijelaskan dalam workshop ini adalah FruityLoops atau FL. Suasana menjadi cukup serius dikarenakan pembelajaran yang banyak harus dipadatkan dalam waktu yang sangat singkat dan terbatas.



Sesi demo penggunaan MMD dengan Kinect oleh Sakurock sebagai penari/odoritte sample.


Setelah Sesi Mixing, ada sesi tambahan atau sesi bonus karena merupakan kejutan dimana para peserta tidak diberitahu terlebih dahulu bahwa akan ada sesi ini. Dalam sesi ini dijelaskan secara singkat mengenai program MMD atau MikuMikuDancing. Sesi ini juga dilengkapi dengan demo penggunaan MMD yang dikombinasikan dengan Kinect agar mempermudah user untuk menggunakan MMD. Dalam demo tersebut, Sakurock membantu menjadi model dalam penggunaan Kinect tersebut.


Salah seorang peserta yang beruntung memenangkan undian Free Premium CD Vocalo.Id

Penyerahan sertifikat kepada setiap peserta yang mengikuti workshop.


Di tiap akhir sesi para peserta diperbolehkan untuk bertanya kepada para pembicara dan juga ada pengundian dimana ada tiga orang yang beruntung memenangkan CD Premium Vocalo.ID secara gratis. Workshop ini pun ditutup dengan pemberian sertifikat kepada setiap peserta yang mengikuti workshop. 

0 Comment "Liputan Workshop Vocaloid by VOCAPOST @ Nippon no Hibi 2013 "

Posting Komentar