VOCAPOST Uta-Challenge #1

Artikel oleh: itsminchan.


Ada event bulanan baru di VOCAPOST, kali ini khusus untuk para utaite. Namanya UtaCha. Apa sih UtaCha ini? Kegiatan ini semacam tantangan bernyanyi, dari utaite, untuk utaite. Utaite yang berhasil memenangkan tantangan akan mendapatkan “mahkota” dan gelar “Utaite of the month” serta mendapatkan +3 GRP dan berhak menentukan tantangan bernyanyi selanjutnya. Seru kan?

Setelah melalui delay pengumuman yang sangat lama dan membuat para kontestan bertanya-tanya, akhirnya diputuskanlah pemenang Vocapost Utaite Challenge Perdana adalah Kazuki Kobayashi!

Photobucket
Kazu (iCal) the First VP UTAcha Winner! 


Lelaki shota ini berhasil memikat hati para voter dan juri dengan suaranya yang atraktif dan kemampuan vokalnya yang menarik.

Silahkan dengarkan entrynya disini:


Lagu yang sangat menyenangkan untuk dinyanyikan by KazuKazu


Kazu menang sangat tipis dari Runner Upnya, yaitu dinkochii. Sang juri, indrahebat, pun kewalahan menilai para kontestan yang semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Komentar dari juri untuk para kontestan yang mengikuti UtaCha ini diharapkan mampu memberikan masukan yang bermanfaat bagi pengembangan bakat para kontestan. Penasaran dengan tantangan berikutnya? Mari kita tunggu tantangan UtaCha berikutnya dari sang pemenang.


Baca lebih lanjut untuk melihat interview ekslusif dengan sang juara dan jurinya.





Interview dengan KazukiKobayashi (Ical)

Ical kenapa buat VP UtaCha yang pertama ini memutuskan untuk pakai lagunya Luzzy yang itu?
Ical: Waaah, sudah kuduga pertanyaannya begitu. Jujur aja, tadinya bingung mau pakai lagu apa. Berhari-hari-hari mikir ga ketemu, rasanya sudah kayak ujian. Terus tiba-tiba inget lagu itu. Akhirnya, ya milih itu... Pengaruh ngerjain soal kali ya, kayak ujian, apa yang kita tau juga bisa ilang tiba-tiba. Ya karena ujian itu juga jadi inget lagunya Luzzy itu.

Ooh, waktu submit lagu itu gimana perasaannya? Ical kan submitnya agak belakangan, menurut kamu lagu-lagu lain yang sudah disubmit bagaimana?
Ical: Hmm, jelas rada minder lah ya... Secara ada dinko, shiraru, rivi, dan luna yang udah submit duluan dengan lagu bagus, mixing bagus, suara bagus. Dan aku cuma akapela yang rasanya effortless aja gitu.

Tapi pernah kepikiran siapa tau bisa menang?
Ical: Pernah sih, namanya submit untuk lomba gitu, pasti ada keyakinan menang walaupun dikit.

Menurut kamu dari punya peserta lain, yang rasanya bakal jadi saingan berat itu siapa?
Ical: Dinkochii. Submit paling pertama, kualitasnya itu... manteb. Coverannya itu bikin galau, mikir "submit ga yaa, submit ga yaa" gitu. XD

Ooh, berarti waktu sempet seri itu memang dari awal udah bisa diduga ya. Ical rasanya gimana waktu udah batas deadline tapi masih seri?
Ical: Waktu itu rasanya bingung nanti siapa yang menang... Tapi abis itu inget sih ada penjurian, jadi santai aja, nilainya kan pasti dibedain. Tapi ya kaget sih waktu iut, kenapa vote punyaku bisa segitu XD

Terus waktu dikasih tau kalo kamu yang menang rasanya gimana?
Ical: Seneng lah ya yang pasti. Tapi rada kecewa, karena pengen ikut challenge selanjutnya XD

Ical waktu mau submit lagu yang itu buatnya berapa lama? Take berkali-kali?
Ical: Jelas take berkali-kali. Sekitar... 3-4 jam kali ya, aku ga ngitung. Itu nonstop dalam satu hari, soalnya males kalo rekaman ga tuntas gitu. Dan itu parah banget, aslinya itu dua jaman udah jadi, tapi tiba-tiba audacity "not responding" terus datanya ilang... Jadi ngulang deh.

Wah, sedih amat D: tapi akhirnya kamu keluar jadi pemenang juga. Terus untuk tantangan VP UtaCha yang kedua kan kamu kasih tema "Lagu yang kamu banget. Bukan lagu favoritmu, tapi lagu yang menggambarkan kamu, duniamu, dan kehidupanmu", kok bisa kepikiran bikin tema yang kayak gini?
Ical: Yaah, pengen denger curhatan temen-temen aja kali ya... Rasanya pengen kenal lebih jauh aja sama teman-teman di VP. Mumpung ada kesempatan, dipake aja. XD

Menurut kamu peserta UtaCha yang kedua dibandingin sama yang pertama bakal gimana?
Ical: Bakal lebih seru kayaknya nih, secara diva kita (minny) sudah mau turun ikutan, dan kayaknya yang mau ikutan juga tambah banyak.

Ical punya tips dan saran untuk peserta UtaCha selanjutnya?
Ical: Tips dan saran... Hmm... Buat yang mau ikut jangan minder kali ya. Terus nyanyikan apa yang ada di hati gitu deh, secara temanya begitu. XD

Ada pesan dan kesan yang mau ditambahin?
Ical: Pesan ada deh satu. Jangan lupa ikutan UtaCha Bulan Oktober yaaaaa!




Interview dengan sang juri (indrahebat)




Gimana perasaannya dipilih jadi juri, Bang?
Indrahebat: Terus terang baru pertama kali jadi juri. Ada rasa seneng juga, tapi ada rasa tanggung jawab yang selama ini belum pernah dirasakan. Jadi juri itu susah, harus dengerin betul-betul dan harus objektif sebisa mungkin. Jadi ya pengennya bisa menilai dengan baik gitu.

Waktu itu ada ekspektasi kira-kira UtaCha yang pertama ini akan seperti apa?
Indrahebat: Saya sudah ekspektasi spektrumnya bakalan luas, dari yang jago banget sampai yang ala kadarnya. Kalo kata saya, yang sekarang pesertanya... memuaskan. Terdengar fresh, benar-benar sebuah kompetisi. Waktu mendengarkan entry dari atas ke bawah, ada yang bikin mengernyitkan dahi, ada yang bikin merinding, asyik. XD

Terus kan waktu itu dinkochii dan Ical sempat seri, memilihnya pemenangnya bagaimana, Bang?
Indrahebat: Ahaha, itu terus terang waktu menilai saya ga tau perolehan vote. Well, saya sengaja ga liat sih. Saya waktu menilai saja sambil penasaran votenya berapa. Kalau urusan milihnya, nah, setelah dipublish, saya baru tau kalo sebelumnya mereka seri. Di situ, saya lihat lagi nilai mereka beda dimana.

Penilaiannya dilihat dari apa saja sih?
Indrahebat: Sebenarnya saya dikasih pesan untuk ngasih beban beda untuk 4 aspek penilaian. Yang paling penting itu teknik pitch dan timing. Yang kedua ekspresi, terus kesesuaian tema, dan yang terakhir mixing. Dinko seri dengan Ical untuk 2 poin pertama, tapi mixingnya lebih jago dinko. Dan temanya menurut saya lebih cocok Ical. Jadi secara total beban nilai lebih tinggi Ical.

Wah VP UtaCha kali ini ketat sekali ya.
Indrahebat: Itu kebetulan sekali. Saya ga atur nilai keseluruhan. Saya masukin rumus saja, dan ga dilihat lagi. Saya nilai 4 aspek secara terpisah.

Untuk juri-juri selanjutnya apakah penilaiannya juga akan seperti ini?
Indrahebat: Ini cuma saya aja, dan terus terang dengan begini jadi lebih objektif. Kalau juri lain bisa beda lagi cara menilainya.

Menurut Bang In VP UtaCha ini bagaimana? Sudah cukup bagus atau masih ada yang harus dibuat lebih baik?
Indrahebat: Oh sudah bagus sekali menurut saya. Cuma saya harap nanti tidak terputus di tengah jalan atau tidak terurus. Lanjutkan dan ramaikan terus, itu harapan saya.

Untuk peserta UtaCha selanjutnya ada tips atau saran?
Indrahebat: Ahaha, apa ya... Jangan takut tampil beda aja lah. Kata saya sih jangan malu ikut kontes. Bahkan yang masih fales pun jangan malu-malu deh buat ikutan. Yang penting tunjukin yang dipunya aja. Kalo dari entry, kebanyakan masih kurang rapih ya ngemixnya. Tambah aja jam terbang, pasti tambah keren.

Ada pesan dan kesan yang mau ditambahin?
Indrahebat: Hmm... VP faitoooo!



Demikian interview eksklusif dengan pemenang VP UtaCha #1, Ical, dan Indrahebat selaku juri.
Bagi yang ingin mengetahui tentang VOCAPOST Uta-Challenge lebih lanjut bisa melihat thread ini:
http://www.vocapost.net/t794-plan-vocapost-uta-challenge

Sampai jumpa di VP UtaCha selanjutnya!

0 Comment "VOCAPOST Uta-Challenge #1"

Posting Komentar