Workshop Vocaloid di Universitas Pakuan Bogor

Workshop Vocaloid UNPAK

Hari Sabtu yang redup kemarin, 13 Desember 2014, teman-teman Vocapost mendapatkan kesempatan untuk berbagi pengetahuan dengan teman-teman di EIMA Universitas Pakuan, Bogor.

Workshop Vocaloid UNPAK

Kegiatan EIMA ini merupakan kegiatan yang digarap oleh mahasiswa himpunan sastra Jepang, Universitas Pakuan yang berlangsung tiap tahun. EIMA atau kepanjangan dari Eiga o Mimashou adalah kegiatan nonton bareng film-film jepang, serta berbarengan dengan itu, terdapat juga seminar, manga expo, lomba-lomba dan kegiatan seru lainnya. Di tahun ini, Vocapost mendapat undangan khusus untuk mengisi workshop di salah satu hari kegiatannya. Tentu saja workshop yang vocapost berikan adalah seputar pengalaman di dunia Vocaloid. Kali ini temanya adalah, Vocaloid sebagai agen perputaran budaya.

Workshop Vocaloid UNPAK

Mengawali sesi workshop, teman vocapost mengawalinya dengan sejarah dan pengetahuan umum mengenai Vocaloid, selanjutnya beralih ke Hatsune Miku dan fenomenanya. Pembahasan mengenai Hatsune Miku ini dimaksudkan karena Hatsune Miku merupakan sosok iconic yang dianggap mampu merepresentasikan Vocaloid. Selain itu di dalam presentasi juga dijelaskan mengenai lingkaran kreatif yang terjadi dari sebuah kotak software nan unyu itu. Di dalam presentasi tersebut juga diperkenalkan KARENT dan kiprah Indonesia di dalamnya.

Presentasi di tutup dengan sesi pertanyaan yang sangat seru. Kemudian dilanjutkan dengan sesi mencoba membatik menggunakan software dengan voicebank Hatsune Miku. Salah seorang peserta mencoba dengan kalimat "aku cinta kamu, inyong tresno karo koe"

Workshop Vocaloid UNPAK

Di akhir workshop ini, teman-teman Vocapost membagikan beberapa kenang-kenangan untuk teman-teman yang beruntung. Sesi ini tentu saja paling seru XD

Workshop Vocaloid UNPAK

Terimakasih atas partisipasinya ya teman-teman EIMA Unpak o7

Sampai jumpa lagi di kegiatan Vocapost selanjutnya. Semoga kami bisa menyambangi kota kamu nanti. 

0 Comment "Workshop Vocaloid di Universitas Pakuan Bogor"

Posting Komentar